Telah Dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2013/2014 Tanggal 22 Oktober-28 Desember 2012
SMP Islam Mentari Indonesia Bekasi :: Sekolah Entrepreneur
Hardiknas 2013: Lomba Ngeblog dan Ngetweet PDF Print E-mail

 

Bulan Mei 2013 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sekolah mengadakan beberapa kegiatan yang terintegrasikan dengan moment Hardiknas. Diantaranya Sanlat, lomba ngeblog dan ngetweet. Mabit (Malam Bina Iman & Taqwa) yang menjadi program rutin “syahriah” (bulanan) di sekolah kami sejak bulan Mei 2013 diubah penamaannya menjadi Sanlat (Pesantren Kilat) syahriah. Dengan harapan bahwa sanlat bukan hanya identik harus di bulan Ramadhan dan sebagai pengenalan kepada peserta didik tentang istilah (dunia) pesantren sehingga kelak nanti ada yang hendak meneruskan jenjang pendidikannya di pesantren mereka sudah tidak asing lagi dengan nama dan kegiatan di dalamnya. Pergantian istilah ini juga seiring dengan arahan yayasan yang sedang mempersiapkan evaluasi dan penyusunan kurikulum sanlat dengan menunjuk tim kurikulum terdiri dari beberapa guru-guru di lingkungan yayasan.

And then, sanlat bulan ini (Mei 2013) juga merupakan sanlat di akhir KBM aktif karena insya Allah bulan Juni kita sudah memasuki pekan UKK (Ulangan Kenaikan Kelas) sehingga kegiatan-kegiatan extra dipending sejenak agar fokus pada UKK yang juga sebagai pintu akhir di tahun ajaran 2012/2013 untuk melanjutkan ke tahun ajaran selanjutnya (2013/2014). Karena ini sanlat terakhir sebelum UKK, maka kegiatan pun dirancang sedemikian rupa agar lebih menarik dan mengena kepada peserta didik. Berbeda dari sanlat (mabit) sebelumnya di sanlat kali ini mereka sudah mengenakan pakaian santri (laki-laki sarung, kopiah dan baju koko & perempuan pakaian muslimah) sejak dari pagi tiba di sekolah. Pembukaan pun dilaksanakan di pagi hari jam 7 sebelum memulai KBM. Diawali dengan apel santri (pembukaan) kemudian lajut KBM seperti biasanya hingga sore.

Ba’da shalat ashar kita rileks sejenak dengan fun games yang seru-seru secara berkelompok. Kegiatan sanlat kali ini juga bertepatan dengan bulan Hardiknas 2013. Oleh karenanya diadakan juga lomba ngeblog bercerita pengalaman selama sanlat dan juga ada lomba ngetweet dengan tema (keyword) “belajar” menggunakan hashtag #hardiknasmentari dan mention ke @SMPIMentariIndo. Silahkan baca-baca cerita mereka dengan klik link (judul) cerita-cerita mereka di bawah ini.

Nama

Judul Cerita

Link

Nina Septiani

Pesantren Kilat (3-4 Mei 2013)

http://nseptianii.blogspot.com/2013/05/pesantren-kilat-3-4-april-2013.html

Chikita Maharani

Sanlat!! Kuburan ? atau Kali ?

http://chikita-maharani.blogspot.com/2013/05/sanlat-kuburan-atau-kali.html

Riky Zulkarnain

http://rikysukes.blogspot.com/

Luthfia Zahra

Pengalaman seru dan menegangkan mabitku

http://www.f-lutfia.blogspot.com/2013/05/pengalaman-seru-dan-menegangkan-mabitk.html

Annisaa Fitri N Maaaaabiiiiitttttt (Horror (?) ) http://www.annisaa-fitri.blogspot.com/2013/05/maaaaabiiiiitttttt-horror.html

Yulinar Khairunnisa

Jeritan Malam di Sekolah? Sanlat..

http://yulinarkhairunnisa.blogspot.com/2013/05/jeritan-malam-di-sekolah-sanlat_5.html

 

 
Pembagian Raport Semester 1 PDF Print E-mail

Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena kita sudah sampai di akhir semester satu tahun pelajaran 2012/2013. Setelah menjalani Ulangan Akhir Semester (UAS) 1 dari tanggal 5 - 17 Desember 2012 dan akhirnya pada hari ini, Sabtu 22 Desember 2012 akan dibagikan raport atau Lembar Hasil Belajar (LHB) Peserta Didik.

Sesuai hasil rapat Dewan Guru SMP Islam Mentari Indonesia pada tanggal 20 Desember 2012 yang meliputi evaluasi UAS serta program-program selama satu semester alhamdulillah tercapai sesuai standar dan harapan kita bersama, meskipun masih banyak terdapat kendala dan hambatan dalam perjalanannya namun semua itu tak menyurutkan langkah kami sebagai pendidik untuk memberikan yang terbaik kepada peserta didik dan stakeholder. Terima kasih atas kerjasamanya dalam kegiatan sekolah dan sebagainya.

Read more...
 
Surat Kecil untuk Tuhan PDF Print E-mail


Oleh: Rizal Armansyah

Kisah nyata seorang gadis cilik bernama Gita Sesa Wanda Cantika yang biasa dipanggil Keke ini menggerakkan hati seorang penulis – Agnes Davonar – untuk mengangkat kisahnya ke dalam sebuah novel yang berjudul Surat Kecil untuk Tuhan.

Keke berusia 13 tahun dan hidupnya tampak sempurna, disayang oleh orang tua dan dua orang kakak lelakinya dalam kondisi keuangan keluarga yang berkecukupan, serta memiliki enam sahabat dekat yang kompak dan kekasih bernama Andy (Esa Sigit).

Namun ternyata berita sedih harus diterima Keke, ternyata ia mengidap penyakit yang disebut Rhabdomyosarcoma (kanker jaringan lunak) dan sudah berada di stadium 3. Keke adalah pasien pertama di Indonesia dan dokter menyatakan bahwa usianya tinggal beberapa bulan lagi. Tapi ayah Keke tak menyerah, Keke pun harus menjalani tindakan kemotrapi hampir selama setahun yang membuat rambut Keke rontok, kulit kering dan ia sering merasa perutnya mual. Keke tampak buruk sekali, kecantikannya hilang. Keke sering mimisan, sulit bernapas dan matanya memerah lalu berair dan lama kelamaan ada benjolan yang semakin hari semakin besar di bawah kelopak mata bagian kiri. Walau begitu, ia tetap ingin ikut ujian sekolah. Bu Megawati sampai memberinya peringkat sebagai ‘Siswi Teladan’.

Read more...
 
The Amazing Experience of My Entrepreneur Day PDF Print E-mail

Annisaa Fitri NurfirdausiNama saya Annisaa Fitri Nurfirdausi. Tetapi, teman-temanku memanggilku Nisa. Saya duduk di kelas 8 SMP di SMP Islam Mentari Indonesia. Sekolahku terdapat mata pelajaran lokal yaitu  Entrepreneur dan setiap sebulan sekali, aku berdagang berbagai variasi makanan dan minuman sesuai dengan jadwal bergilir.

Pada Entrepreneur Day yang pertama, aku berjualan susu. Ibuku membawakan barang dagangan saya.

“ Ini dagangannya, setiap susu di jual dengan harga Rp 2000 yaa” kata ibu.

“ Iya bu.. nanti ibu yang bawa nampannya pulang atau aku  yang membawanya pulang?” Tanya aku.

“Nanti ibu yang akan bawa nampannya.” Jawab ibu.

“ Ya sudah..Aku jualan ya bu”  kata aku.

Kemudian, saya naik ke lantai 2 di sekolah. Di sana ada ruang kelas 8 dan kelas 7. Kebetulan adik kelas sedang istirahat, aku pun menawarkan susu aku.

“ Permisi, Dek, mau beli susu gak?” Tanya aku dengan penuh harap adik itu membeli.

“Hmm.. berapa harganya kak?” tanya adik itu.

“Harganya Rp 2000” jawabku.

“ Boleh deh kak satu”  kata adik itu.

“ Ini susunya dan sedotannya. Terima kasih” kataku dengan senang.

“ Iya kak sama-sama” jawab adik itu.

Read more...
 
UTS 1 Tahun Pelajaran 2012/2013 PDF Print E-mail

SMP Islam Mentari Indonesia melaksanakan Ulangan Tengah Semester (Mid Semester) 1 tahun pelajaran 2012/2013. Sesuai kalender akademik sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi UTS dilaksanakan di minggu pertama bulan Oktober yaitu Kamis 04 Oktober sampai Senin 15 Oktober 2012. Semoga para peserta didik diberi kelancaran dalam menjalani UTS 1 ini dan diberikan hasil yang maksimal.

Berikut jadwal UTS 1 SMP Islam Mentari Indonesia:

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Next > End >>

Page 1 of 9

Kurikulum Sekolah

Kurikulum sekolah yang membedakan SMP Islam Mentari Indonesia dengan sekolah lain yang sejenis adalah:

1. Adanya Bidang Studi Enterpreneurship yang diajarkan dengan sistem yang berbasis CTL (Contekstual, Teaching, and Learning)

2. Media Pembelajaran berbasis ICT (Information Communication Technology)

3. Pembiasaan nilai-nilai keislaman (ta'widh) dan model pembelajaran ISLAMI (Interactive, Student Centre, Language Collaborate, Active, Modeling, ICT Based)

Ekstrakurikuler

EKSTRAKURIKULER PILIHAN EKSTRAKURIKULER WAJIB
  • Photography
  • Karya Ilmiah Remaja
  • Drum Band
  • Palang Merah Remaja
  • Pramuka
  • Paskibra
  • Seni tari
  • Marawis
  • Nasyid
  • Paduan Suara
  • Pengembangan Enterpreneurship
  • English Club
  • Pramuka
  • Karate

Konsep Green School

Konsep green school yang diusung oleh SMP Islam Mentari Indonesia diterapkan tidak hanya pada bangunan yang ramah lingkungan, minimal dalam penggunaan pendingin ruangan, tetapi juga dalam keseharian peserta didik. Peserta didik akan akan belajar memilah sampah, mendaur ulang material yang masih dapat dipakai, serta membiasakan diri untuk mencintai lingkungan sejak dini. Diharapkan lulusan SMP Islam Mentari Indonesia mampu berkontribusi tidak hanya pada masyarakat, negara dan agama, tetapi juga lingkungan sekitar mereka.

Pendaftaran Online

Who's Online

We have 29 guests online

Kalender Hijriyah

STATISTIK

mod_vvisit_counterHari ini19
mod_vvisit_counterKemarin72
mod_vvisit_counterMinggu ini355
mod_vvisit_counterBulan ini91
mod_vvisit_counterTotal89104

Share It

Delicious

Guru Menulis

BUDAYA MEMBACA, MEMBACA (BELUM) MEMBUDAYA

Elfina Pradhina, S.SBerdasarkan laporan Bank Dunia No. 16369-IND, dan Studi IEA (International Association for the Evalution of Education Achievermen) di Asia Timur, tingkat terendah membaca anak-anak diduduki oleh negara Indonesia dengan skor 51.7, di bawah Filipina (skor 52.6); Thailand (skor 65.1); Singapura (74.0); dan Hongkong (75.5).

Baca Selengkapnya..

TRANSLATOR

Polls

Menurut Pendapat anda, apakah kurikulum kewirausahaan diperlukan?
 

INFO PSB Tahun Ajaran 2013 - 2014

Penerimaan Siswa Baru SMP Islam Mentari Indonesia Tahun ajaran 2013 - 2014 sudah dibuka. Pendaftaran dilaksanakan satu tahap dengan rincian sebagai berikut:

1. Pendaftaran Online: 22 Oktober 2012 – 21 Desember 2012

2. Pembelian dan Pengembalian Formulir : 22 Oktober - 28 Desember 2012

3. Tes Seleksi: 10 Januari 2013

4. Wawancara Orang Tua: 10 Januari 2013

5. Pengumuman Hasil Seleksi: 17 Januari 2013

6. Daftar Ulang : 24 Januari - 8 Februari 2013

 

Info lebih lanjut >> Klik disini

Alamat Sekolah

Kampus SMP Islam Mentari Indonesia
Jl. KH. Muhammad Musa RT.002/024  
Tanah Tinggi Kelurahan Setia Asih
Kec. Tarumajaya Kabupaten Bekasi 17215

Telp: 021-913-08975
Fax:
021-889-84366
Email: mentariindonesia.smp@gmail.com
=======================
Lihat Lokasi via SATELIT >> Klik disini
=======================